Senin, 19 Maret 2012

Resume tentang perilaku konsumen

        perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan,serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.


wujud dari konsumen dibagi menjadi 2 yaitu :


1. personal consumer             : menggunakan barang atau jasa untuk digunakan sendiri


2. organizational consumer     : menggunakan barang atau jasa untuk organisasi


pendekatan prilaku konsumen pun dibagi menjadi 2 yaitu :


1. teori kardinal (cardinal theory)  : teori ini menyatakan kegunaan itu dapat dihitung dan diukur secara nominal


2. teori ordinal (ordinal theory)     : menurut teori ini kegunaan tidak dapat dihitung tapi hanya bisa             dibandingkan


inilah faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen


A. Faktor Sosial
1. grup
         perilaku seseorang itu dapat dipengaruhi oleh grup-grup kecil.


2. keluarga
         keluarga mempengaruhi dalam kebutuhan pembelian


3. peran dan status
         perilaku yang dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan orang-orang disekitarnya


B. Faktor Personal


1. Situasi ekonomi
      keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi kebutuhannya


2. Gaya hidup
      pola kehidupan seseorang yg diekspresikan melalui aktivitas kebutuhannya


3. Kepribadian dan Konsep Diri
      karakteristik unik psikologi untuk menstabilkan dan merespon terhadap lingkungan


4. Umur dan Siklus Hidup
      orang-orang merubah barang dan jasa yg dibeli seiring dengan siklus kehidupannya


5. Pekerjaan
      pekerjaan mempengaruhi barang yang dibeli


C. Faktor Psikologi


1. Motivasi
        kebutuhan yang mendesak untuk mencari kepuasan dari kebutuhan.


2. Persepsi
        ini adalah proses seseorang untuk memilih


3. Pembelajaran
       proses yg selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari informasi


4. Beliefs and Atittude
       pemikiran deskriptif bahwa seseorang mempercayai sesuatu


D. Faktor Kebudayaan


1. Subkultur
        orang yang berbagi sistem nilai berdasarkan persamaan pengalaman


2. Kelas Sosial
        pengelompokan individu berdasarkan minat,nilai dan prilaku.


jadi kesimpulannya adalah perilaku konsumen itu selalu ingin mengikuti perkembangan jamanyang kebanyakan konsumen lebih peduli kepada tren dan gaya hidup dari pada kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar